IMPLEMENTATION OF AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENUNJANG P5 KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI KOLONISASI TRIMURJO TAHUN 1935-1942

 


Buku ini disusun sebagai salah satu upaya untuk memanfaatkan teknologi augmented reality (AR) dalam mendukung implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka. Kami percaya bahwa penggunaan AR dalam pembelajaran sejarah dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif, menarik, dan mendalam bagi para siswa. Dengan memanfaatkan teknologi AR ini, siswa dapat merasakan pengalaman belajar yang seolah-olah membawa mereka langsung ke masa lalu, sehingga pemahaman mereka terhadap peristiwa sejarah menjadi lebih konkret dan menyenangkan.

Pemilihan tema "Kolonisasi Trimurjo Tahun 1935-1942" ini bukanlah tanpa alasan. Periode ini merupakan salah satu periode penting dalam sejarah Indonesia, khususnya bagi masyarakat Trimurjo. Melalui buku ini, kami berharap dapat membantu siswa untuk memahami lebih dalam tentang sejarah awal mula kolonisasi Trimurjo tersebut dan bagaimana dampaknya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat Trimurjo pada masa tersebut. Dengan demikian, siswa tidak hanya belajar tentang fakta sejarah, tetapi juga mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis mereka.

No comments:

Post a Comment