Metodelogi Penelitian Kualitatif

 


    Dulu, banyak sekali ilmuwan terpasung dengan pendekatan kuantitatif dalam melakukan penelitian. Pada saat itu, pendekatan kuantitatif dianggap sebagai satu-satuya pendekatan ilmiah yang paling dipercaya mampu menghasilkan kebenaran ilmiah. Orang yang tidak mampu melakukan penelitian dengan pendekatan kuantiatif dianggap telah gagal dalam memformulasikan proposisi, teori, postulat, hukum, dan sebagainya. Pendekatan inilah yang disebut dengan pendekatan positivistik.               

    Kini, dengan kejenuhan yang dialami oleh ilmuwan, penelitian dengan pendekatan kualitatif mendapat angin segar. Banyak ahli ekonomi, sosiologi, pendidikan, hukum, sejarah, dan ilmu lainnya beralih menggunakan pendekatan kaulitatif dalam mencari kebenaran ilmiah. Pendekatan inilah yang akhirnya disebut dengan pendekatan pos-positivistik.

    Dengan kata lain, banyak sarjana yang dulu meyakini pendekatan kuantitatif sebagai pendekatan yang paling rasional, paling ampuh, dan paling meyakinkan dalam penarikan kesimpulan, kini semua sudah berubah. Mereka lebih meyakini bahwa penelitian kualitatif lebih dapat memahami esensi permasalahan yang diteliti. Mereka menganggap bahwa penelitian kuantitatif hanya mampu melihat riaknya gelombang, tetapi penelitian kualitatif mampu mengukur dalamnya lautan.

Shopee


No comments:

Post a Comment