Fenologi Bunga, Buah, Panen dan Pascapanen Manggis


Buku ini disusun sebagai rujukan terkait pemahaman fenologi pembungaan, pembuahan, perkembangan buah, kerusakan buah, penanganan panen dan pascapanen, serta standar baku mutu buah manggis  tujuan lokal dan ekspor. Manggis merupakan buah tropis musiman, sehingga ketersediaannya terbatas hanya pada saat periode-periode tertentu. Pasar global menuntut petani untuk dapat menghasilakan buah manggis yang bermutu baik dan tersedia setiap saat. Pemahaman tentang fenologi pembungaan manggis merupakan upaya untuk memenuhi tuntutan pasar terkait ketersediaan produk.

 

            Pembungaan manggis dapat diinduksi melalui pengaturan periode kering saat tanaman siap untuk berproduksi. Kesiapan tanaman untuk berproduksi bergantung pada kondisi tanaman. Selain itu, beberapa faktor-faktor lingkungan, seperti irigasi, suhu maksimum, suhu minimum, dan kelembapan relatif juga ikut berperan dalam induksi bunga manggis. Melalui pengelolaan pembungaan kita dapat mengatur produksi buah manggis dalam memenuhi kebutuhan pasar.

 

            Produksi buah manggis yang baik haruslah diimbangi dengan mutu yang baik. Mutu yang baik dapat diperoleh mulai dari buah berada di pohon induknya, hingga buah telah lepas dari pohon induknya. Pemenuhan kebutuhan metabolisme tanaman saat telah terjadi induksi bunga harus diperhatikan dalam menghasilkan buah manggis yang bermutu baik. Mutu buah harus dijaga tetap baik sampai ke tangan konsumen. Oleh karena itu, dalam buku ini juga dijelaskan penanganan panen dan pascapanen buah manggis.


 

No comments:

Post a Comment