TEKNIK BARU PERAWATAN KOPI DENGAN HASIL MELIMPAH

 



Perkebunan kopi Indonesia telah dimulai sejak abad 18 diperkenalkan oleh bangsa Belanda dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan perdagangan dunia. Kopi Indonesia merajai pasar dunia pada abad 19 dengan memasok biji kopi jenis Arabica ke seluruh dunia.  Namun pada akhir abad ke-19 terjadi serangan karat daun yang menghancurkan hampir seluruh perkebunan kopi di Indonesia.

 Kolonial Belanda mengadakan penelitian dan mendatangkan bibit kopi jenis Liberika dan Robusta sebagai pengganti Arabika, namun yang dapat berkembang baik adalah jenis Robusta.  Kopi jenis Robusta relatif  lebih tahan terhadap penyakit karat daun dan juga dapat berbuah jauh lebih banyak dibanding kopi jenis lain.  Sehingga sejak saat hingga kini perkebunan kopi di Indonesia didominasi oleh kopi Robusta.

 Sistem pemeliharaan kopi robusta dan teori yang dikembangkan saat ini masih banyak mengadopsi sistem pemeliharaan kopi arabika pada abad ke-19. Hasil pengembangan tersebut didapat  kemajuan pengelolaan sistem pengelolaan tanaman kopi terutama adalah identifikasi hama dan penyakit tanaman serta cara penanggulangannya. Begitu juga bibit kopi baik jenis robusta maupin arabica telah banyak dihasilkan  klon dan varietas unggulan nasional.

 Namun demikian, sistem penanaman belum mengalami perkembangan yang berarti seperti populasi tanaman perhektarnya termasuk fungsi penggunaan naungan serta pemupukan.  Dengan begitu maka perkembangan produktivitas tanaman kopi perhektar di Indonesia tidak beranjak dari 600 kg perhektar. Kondisi itu sangat jauh berbeda dibandingkan dengan negara Vietnam yang mampu menghasilkan 3 ton per hektar, terlepas dari perbedaan cuaca antara Indonesia dan Vietnam.

 


Psikologi Komunikasi


Keterkaian konsep komunikasi dengan konsep psikologi sangat erat dan tidak dapat dipungkiri, bahkan pakar komunikasi seperti Kurt Lewin, Paul Lazarzfeld dan Carl I Hovland juga merupakan pakar psikologi komunikasi. Meskipun demikian komunikasi bukanlah subdisiplin psikologi, tetapi sebagai suatu ilmu yang menembus berbagai disiplin lmu-ilmu lainnya. Komunikasi sangat erat kaitannya dengan perilaku dan pengalaman kesadaran manusia. Dalam psikologi, komunikasi mempunyai makna yang sangat luas, meliputi segala penyampaian energi, gelombang suara, tanda, tempat, sistem atau organisme. Kata komunikasi sendiri dipergunakan sebagai proses, sebagai pesan, sebagai pengaruh atau secara khusus sebagai pesan dari komunikator kepada sasaran atau komunikan yang melibatkan proses psikologi.

Istilah Budaya Lampung

 

Tujuan pembuatan buku ini tidak lain adalah untuk melestarikan budaya daerah Lampung. Budaya yang terkandung dalam istilah-istilah yang dikumpulkan ini dapat memberikan gambaran tata kehidupan masyarakat Lampung. Selain menggambarkan tata kehidupan, istilah budaya juga dapat menggambarkan pula tentang nilai-nilai yang dianut pemiliknya. Kedua hal tersebut secara singkat diungkapkan dalam buku ini, dan digambarkan secara singkat. Namun, meskipun penjelasan yang diberikan cukup singkat, tetap dapat memberikan gambaran yang terkandung dari kedua unsur budaya dan nilai. 

Klinik Tanaman

Istilah "klinik tanaman" tidak selalu merujuk pada suatu lembaga fisik. Dalam banyak konteks, "klinik tanaman" seringkali lebih bersifat umum dan mengacu pada berbagai kegiatan atau layanan yang diberikan untuk meningkatkan pertanian dan kesejahteraan tanaman.
Terlepas dari semua itu, kami meyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki buku ini.  

 

Peninggalan sejarah di Pringsewu

 


Berdasarkan dari peninggalan yang ada Kabupaten Pringsewu ini dapat dikatakan sebagai daerah yang kaya akan peninggalan-peninggalan sejarah yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah, objek wisata sejarah dan lain sebagainya. Bukti-bukti  peninggaan sejarah tersebut  di atas adalah sebuah potensi besar yang dapat dimanfaatkan dan dikelola sebagai sumber belajar sejarah di Kabupaten Pringsewu. Potensi ini perlu digali lagi agar dapat dikembangkan secara maksimal. Periode peninggalan di kabupaten Pringsewu banyak ditemukan berasal dari masa kolonial.Sehubungan dengan hal itu maka perlu dilakukan kajian terhadap peninggalan sejarah yang ada sengan serius dan perkembangannya agar peninggalan-peningglan sejarah tersebut dapat digunakan sebagai asset daerah  kabupaten Pringsewu dapat dikembangkan untuk sumber belajar sejarah untuk siswa dan siswi serta masyarakat di kabupaten Pringsewu.


Buku Ajar Penyehatan Pemukiman

 

Dewasa ini, air menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian yang serius. Untuk mendapat air yang baik sesuai dengan standar tertentu, saat ini menjadi barang yang mahal, karena air sudah banyak tercemar oleh bermacam - macam limbah dari berbagai hasil kegiatan manusia. Sehingga secara kualitas, sumberdaya air telah mengalami penurunan. Demikian pula secara kuantitas, yang sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan yang terus meningkat.


PSIKOLOGI PENDIDIKAN

 


Buku ini di sajikan sebagai salah satu buku referensi bagi mahasiswa dalam mata kuliah Psikologi Pendidikan.  Psikologi pendidikan adalah cabang psikologi. Karena psokologi sebagai lmu pengetahuan masih muda usianya, maka psikologi pendidikan sebagai cabang lebih-lebih muda usianya. Berhubung dengan itu, ia masih dalam  proses perkembangan; disana-sini masih banyak problem yang masih memerlukan pemecahannya; masih banyak hal yang masih perlu perkembangannya. Akan tetapi, walaupun  ditinjau  dari segi ilmu pengetahuan usianya masih sangat muda, akan tetapi pemikirannya (dalam arti yang menyangkut pendidikan dan problem jiwa) telah dipikirkan orang sejak dahulu kala. Demikianlah misalnya, sampai ada yang mengatakan bahwa saat timbulnya tentang psikologi pendidikan dapat diikuti jejaknya kembali pada Aristoteles. Bahwa Aristoteles sebagai seorang filsuf telah menyusun periode-periode perkembangan anak, sifat-sifat anak menurut periode dan bentuk pendidikan yang perlu diselenggarakan sesuai dengan periode-periode itu. Walaupun demikian tentu saja pemikirannya baru merupakan pemikiran secara filsafat, belum merupakan psikologi pendidikan.